INSTALASI WINDOWS SERVER 2008

PENGINSTALAN WINDOWS SEVER 2008

Windows server 2008 adalah nama sistem operasi untuk server dari perusahaan Microsoft. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut Windows Server 2003. Pada tanggal 15 Mei 2007, Bill Gates mengatakan pada konferensi WinHEC bahwa windows server 2008 adalah nama baru dari windows server “Longhorn”.

Windows sever 2008 mendukung sistem klien dengan windows vista, mirip seperti hubungan antara windows server 2003 dan windows XP. Versi beta 1 dari versi ini pertama kali dikenalkan pada tanggal 27 Juli 2005, dan versi beta 3 – nya sudah diumumkan pada tanggal 25 April 2007.

 Sebelum mulai penginstalan windows server 2008, terlebih dahulu yang perlu diperhatikan pastikan drive CD/DVD atau Flashdisk yang berisi program windows 2008 yang dapat di instal pada komputer, namun pada praktikum kali ini menginstall windows server 2008 menggunakan CD/DVD.

Langkah – langkah yang di lakukan untuk menginstalasi Windows Server 2008 adalah sebagai berikut.

  1. Masukan CD/DVD ke dalam CD/DVD room agar booting dapat berjalan melalui CD/DVD. Setelah dimasukan pada layar monitor akan muncul boot seperti pada gambar dibawah ini, kemudian pilih “HL-DT DVDRRAM GH24NS70”. Lalu klik “Enter”.

Gambar 1

( Gambar 1 )

  1. Kemudian pada layar monitor akan muncul pilihan bahasa. Bahasa yang dipilih adalah “English” lalu klik “Enter” untuk melanjutkan penginstalan. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Gambar 2

( Gambar 2 )

  1. Pada layar monitor akan tampil “Operating System” disini kita harus memilih salah satunya. Tetapi kali ini yang dipilih adalah “Windows Server 2008 R2 Standard” lalu klik “Next. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Gambar 3

( Gambar 3 )

  1. Selanjutnya pada langkah ini pada layar monitor akan muncul persetujuan untuk melakukan penginstalan. Klik “Centang” pada kotak yang bertulisan “I accept the liecens terms” lalu klik “Next”. Seperti gambar dibawah ini.

Gambar 4

( Gambar 4 )

  1. Pilih tipe yang akan digunakan untuk menginstall windows server 2008 pada komputer. Pilih “ Custom : Install Windows Only (Advanced)” kemudian tekan “Enter”.

Gambar 5

( Gambar 5 )

  1. Hapus partisi untuk menginstal windows server 2008 pada komputer. Pilih “Partisi 1”. Seperti pada gambar dibawah ini.

Gambar 6

( Gambar 6 )

Lalu klik “Delete”.

Gambar 7

( Gambar 7 )

Setelah klik “Delete” akan keluar pada layar monitor seperti pada digambar dibawah ini, apakah yakin unuk di delete atau tidak. Jika yakin klik “OK”.Untuk menghapus partisi 2 dan 3 cara kerjanya sama seperti menghapus partisi 1.

Gambar 8

( Gambar 8 )

  1. Setelah partisi dihapus, kemudian klik di partisi “Drive 0” atau “55.0 GB” lalu klik “New”. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Gambar 9

( Gambar 9 )

Kemudian isi size “ 20000” lalu klik “Apply”. Seperti gambar dibawah ini.

Gambar 10

( Gambar 10 )

Jika sudah selesai lalu klik “Next” seperti gambar dibawah ini.

Gambar 11

( Gambar 11 )

  1. Setelah selesai membuat partisi baru maka dilanjutkan dengan proses penginstalan windows server 2008 dan untuk penginstalan tunggu beberapa menit. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Gambar 12

( Gambar 12 )

  1. Setelah proses penginstalan selesai, maka dilanjutkan dengan proses masuk ke monitor layar windows server 2008 pada layar monitor.

Gambar 13

( Gambar 13 )

Tunggu beberapa menit proses penginstalan windows server 2008 selesai.

 Gambar 14

( Gambar 14 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s